Monday, November 24, 2008

Mitos Tentang Panggul Vs Kelahiran Normal

Selama ini banyak mitos yang berkembang mengenai hubungan panggul dan kemampuan melahirkan secara normal. Nah, informasi di bawah ini mungkin dapat berguna :

• Panggul bukan pinggul. Panggul merupakan kumpulan tulang dengan sedikit otot, sedangkan pinggul merupakan kumpulan otot dan lemak. Jadi, seseorang yang memiliki pinggul besar belum tentu panggulnya juga besar.

• Kurus. Wanita bertubuh kurus bukan berarti memiliki panggul yang kecil. ‘’Tidak ada hubungan antara berat badan dengan ukuran panggul,’’ kata Dr. Uf Bagazi, SpOG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Brawijaya Women and Children Hospital, Jakarta.

• Pendek. Wanita dengan tinggi kurang dari 145 cm memang dapat diindikasikan memiliki panggul yang kecil dan sempit. Tetapi, ini hanya merupakan indikasi, bukan sesuatu yang pasti. ‘’Butuh pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan dan selama ukuran bayinya proporsional dengan ukuran jalan lahir serta bisa memenuhi syarat-syarat kelahiran normal, maka tidak ada masalah,’’ terang dr. Uf.

No comments:

Post a Comment