Saturday, November 29, 2008

Tanda-tanda Keguguran

Kehamilan adalah suatu peristiwa yang di tunggu-tunggu oleh setiap wanita. Betapa indahnya keluarga, ketika hadirnya seorang buah hati.
Tapi di samping itu keguguran merupakan momok bagi setiap ibu hamil. Keguguran memang paling di takuti oleh banyak wanita hamil. Keguguran bisa saja terjadi secara tiba-tiba tanpa ada sebabnya.

Tak ada peristiwa atau trauma yang mendahului terjadinya keguguran. Keguguran ini sering disebut keguguran dini karena terjadi pada trimester pertama kehamilan. Bahkan bisa terjadi pada masa awal kehamilan, seperti pertengahan pembuahan, saat ibu seharusnya mengalami menstruasi. ltu sebabnya kerap keguguran terjadi tanpa diketahui, lantaran dianggap menstruasi berat yang disertai kejang dan nyeri.

Keguguran dapat pula akibat penyakit kencing manis, adanya kelainan bentuk rahim, tumor rahim, kelemahan pada leher rahim. Untuk menemukan penyebabnya, harus dilakukan pemeriksaan yang benar dan tepat.

Pada peristiwa keguguran, rahim berkontraksi sangat kuat sehingga hasil konsepsi tidak lagi dapat bertahan di dalam rahim tersebut.

Pengeluaran hasil konsepsi itu diharapkan dapat terjadi secara lengkap, berupa janin yang terbungkus kantung ketuban bersama ari-arinya. Pada aboitus ini biasanya perdarahan tidak keluar janinnya, sedangkan ari-ari masih tetap teltinggal di dalam rongga rahim.

Hampir setiap kehamilan normal mengalami sedikitnya satu dan gejala kejang ringan, rasa nyeri, atau rasa tertarik pada satu atau kedua sisi perut. Ini bisa disebabkan oleh peregangan otot pendukung rahim. lbu hamil juga bisa mengalami bercak pada masa pembuahan.

Namun, gejala berikut biasanya menjadi pertanda keguguran:

Kejang atau nyeri di bagian tengah perut bagian bawah dan disertai keluarnya darah. Atau, muncul bawah dan disertai keluarnya darah.
Nyeri yang sangat, atau nyeri menetap dan berlangsung selama 24 jam atau lebih tanpa disertai perdarahan. Bisa juga terjadi perdarahan yang banyak seperti menstruasi, tanpa disertai nyeri.

Keluar bercak ringan yang terus-menerus selama 3 hari atau lebih.

5 comments:

  1. salam

    saya ingin bertanya apakah tanda2 keguguran itulangsung mengeluarkan darah saat awal mula terjadinya nyeri pada perut.sebab isttri saya mengalami nyeri pada perut sejak 3 hari yang lalu,di sertai buang air besar namun maaf mencret yang berwarna hijau,dan baru saja tadi dia bilang bahwa ada darah yang keluar dari vaginanya disertai nyeri pada perut yang terus terjadi dalam 1hari bisa terjadi sampai 3-5kali sehari.

    jika ini memang benar2 tanda kekguran apa yang harus kami lakukan?

    ReplyDelete
  2. ya saya juga ingin tau...saya hamil 7 minggu,langsung tadi ada cecair bewarna coklat sama seperti tanda permulaan haid..adakah ini keguguran?

    ReplyDelete
  3. ya...saya juga ingin tau..saya hamil 8 minggu,kemarin saya mengalami nyeri pada perut yang di sertai keluar darah,,apakah ini pertanda saya mengalami keguguran?

    jika ini memang benar tanda keguguran apa yang mesti saya lakukan?

    ReplyDelete
  4. pd bln 3 sya keguguran..then now saya bru lewat haid 4 hari,tba2 ari ni haid sya kuar...adakah sya keguguran????sya blm g jmp dok lg...sya nk tau apakah tanda awal keguguran???sya n suami inginkan baby.......tlg sya dlm kebingungan..

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum…..doc sy ingin bertanya,sy ad hubungan pada 7 hari bulan,lps tu esk kn hari nya istri sy bertambah selera makan sedang kan dya mengadu sakit kepala..esk kan pula sama mcm kmarin,dya ckp dya ingin mkn buah mangga,..lpas dya mkn buah 2,dya ckp plak nk ke kedai hndak beli minuman..sy tgk dya beli air yg bergas.( coke ).lpas mnum dlm 15mnt dya mengadu sakit perut yg amat sgt…dya tgk,darah banyak keluar dan nmpk ketulan darah yg ad…pendarahan berlaku selama 3 hari doc..perut dya menjadi keras..xboleh ditekan2…sampai hari niy,14 ari bulan,dya mengadu sakit belakang,pedih ketika buang air kecil dan sakit di bahagian pinggul…..apa pandangan doc..?mntk maaf sy baru b`kawin bulan lepas….sy xtahu ap2 pasal niy…

    ReplyDelete