Friday, August 15, 2008

Mengapa Anak Kecil Keputihan?

Mengapa anak umur 13 tahun bisa kena keputihan? Apakah mengganggu rahim?

Bisa saja masih kecil sudah kena keputihan. Bahkan, pada yang masih balita pun, keputihan mungkin saja terjadi.

Penularan bisa dari pembantu, pengasuh, atau baby sitter-nya. Sewaktu diceboki sehabis pipis, bila jemari tangan pembantu baru menggaruk keputihan pada dirinya sendiri, jamur yang sama akan ditularkan ke kemaluan si bocah yang dicebokinya.

Pada anak yang lebih besar, keputihan sering terjangkit di WC dan kamar mandi umum, khususnya di terminal, stasiun, atau asrama. Bibir bak WC dan gayung airnya bisa saja sudah tercemar oleh parasit Trichomonas vaginalis, salah satu penyebab tersering keputihan pada wanita, selain jamur Candida albicans.

Harus Tuntas
Kebiasaan cebok sehabis berkemih dengan air (dan bukan dengan tisu seperti orang Barat) menjadi sumber terjangkitnya keputihan, yang dapat disebabkan oleh beberapa jenis bibit penyakit. Jenis keputihan ini yang perlu diobati sesuai dengan jenis bibit penyakitnya. Kalau disebabkan oleh jamur, obatnya antijamur. Selain itu sering pula sebab terlambat mengganti pembalut sewaktu haid.

Karena masih gadis, tidak boleh diberikan obat keputihan yang dimasukkan ke liang vagina (vaginal suppository). Cukup obat minum saja dan pembersih vagina, selain obat antigatal. Obat belum boleh dihentikan selama keputihan jamurnya masih muncul.

Sayang, saya tak bisa memberikan resepnya di sini. Puskesmas menyediakan obat antijamur untuk keputihan putri Ibu. Mintalah resep dan obatnya ke dokter puskesmas terdekat. Pengobatan harus sampai tuntas. Bila tidak, keputihan jamurnya mudah kambuh kembali.

Penyakit keputihan tidak berpengaruh buruk terhadap rahim. Namun, bila dibiarkan, keputihan bisa menjalar sampai ke rahim juga, dan pengobatannya tentu perlu lebih lama dan mendalam.

Oleh: Dr. Handrawan Nadesul, Dokter Umum

3 comments:

  1. matur tengkyu inf0x. .klo blm pernah periksa ke dokter,,blh pake albotyl gak?

    ReplyDelete