Sunday, September 28, 2008

Anak Tak Nyaman di Sekolah


Agar tak perlu cemas berlebihan tentang apa dan bagaimana perasaan anak di sekolah, berikut langkah yang bisa dilakukan.

1. Komunikasi
Bicarakan mengenai apa saja yang terjadi di sekolah secara teratur. Tentukan waktu yang tepat untuk berbicara mengenai sekolah. Misalnya sebelum makan malam, saat makan malam, saat mandi, atau waktu lain yang tepat menurut Anda. Sebaiknya mulai pembicaraan dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, "Tadi Ibu guru bilang apa di kelas?" atau "Hari ini kamu main sama siapa saja saat istirahat? Main ayunan lagi atau yang lain?"

2. Tanya dengan rinci
Jangan berhenti di pertanyaan, "Bagaimana tadi di sekolah?" dan jangan langsung puas bila anak menjawab, "Baik-baik saja", atau "Biasa-biasa saja". Sebaiknya, ajukan pertanyaan yang tidak dapat dijawab dengan 1-2 kata saja. Pancing anak dengan pertanyaan-pertanyaan yang membuatnya bercerita. Tanyakan padanya, pelajaran apa yang paling disukainya dan pelajaran apa yang paling sulit. Tanyakan juga, guru mata pelajaran apa yang paling disukainya dan mengapa? Atau tanyakan kepadanya kejadian-kejadian apa yang telah terjadi di sekolah hari ini, baik yang menyenangkan maupun yang membuat dia sedih.

3. Ringan tangan
Luangkan waktu sedapat mungkin untuk bisa ikut berpartisipasi dengan kegiatan yang dilakukan kelas anak Anda. Dengan cara ini, Anda akan dengan mudah mengetahui apa yang dirasakan Si Kecil mengenai sekolah. Anda pun jadi punya kesempatan melihat bagaimana sikap guru terhadap murid-muridnya, terutama terhadap Si Kecil. Atau, bisa jadi, ternyata pelajaran di kelas tersebut terlalu mudah sehingga dia perlu dipindahkan ke kelas yang lebih tinggi.

4. Hubungan baik dengan guru
Lima hari dalam seminggu guru menghabiskan waktunya dengan anak Anda. Bila anak tiba-tiba sedih atau mempunyai masalah dengan teman-temannya, biasanya guru mengetahui hal ini.

No comments:

Post a Comment