Friday, September 26, 2008

Origami Adalah Matematika

Sebuah kompetisi dan konvensi origami digelar di Jepang. Acara itu diadakan untuk menghapus kesan bahwa seni melipat kertas ala Jepang itu hanya mainan anak-anak. "Ada stigma yang mengatakan bahwa origami adalah mainan anak-anak. Tetapi, sesungguhnya ini adalah seni," kata salah seorang peserta, Joseph Wu, yang berasal dari Kanada.

Acara tersebut dihadiri 400, yang datang dari penjuru dunia, dari Australia hingga Prancis. Masing-masing menunjukkan keahliannya melipat kertas menjadi bentuk-bentuk menarik.

Wu, misalnya, menunjukkan karyanya berbentuk naga lengkap dengan sayapnya. Ada peserta lain yang membentuk salah seorang tokoh dalam film Star Wars, Yoda.
Origami dikenal sejak 1.600 tahun lalu. Awalnya adalah aturan membuat hiasan dari selembar kertas tanpa bantuan lem dan gunting. "Kini dibutuhkan lebih banyak kertas meski tetap tanpa lem dan gunting," jelas Wu, yang tinggal di Vancouver.

Untuk membuat naga, Wu membutuhkan lima helai kertas. "Saya mungkin bisa membuatnya dengan menggunakan satu kertas. Tapi, saya tertarik untuk memperoleh hasil yang maksimal," terangnya.

Saat ini, origami memiliki banyak pola, dan akhirnya memunculkan lebih banyak peminat. "Orang semakin banyak yang memberikan perhatian. Memang tidak seperti seni lukis atau pahat. Namun, origami juga merupakan keterampilan dan seni," papar Wu.

Origami juga mulai menjadi bahan pelajaran yang berkaitan dengan dimensi. Geometri origami menjadi pelajaran yang diminati di jurusan matematika di Institut Teknologi Massachusetts.

"Origami adalah jalan terbaik untuk mempelajari matematika. Seni melipat tersebut mencakup cabang-cabang matematika, seperti teori angka, kalkulus, kombinasi, analisis masalah, dari trigonometri sampai aljabar abstark," kata Tom Hull, pendiri dan profesor di Merrimack College, North Andover Maine.
Zaman dulu, origami dipercaya digunakan untuk menciptakan ornamen suci di Pemakaman Utama Ise, yang merupakan pusat agama Shinto Jepang. Seni tersebut turun-menurun, dari satu generasi ke generasi yang lain, di antara anggota samurai.

Diagram origami bisa download disini.

dari Jawa Pos

No comments:

Post a Comment