Saturday, September 27, 2008

Tinggal Dekat Jalan Tol Bahayakan Kesehatan Bayi

Bermukim dekat dengan jalan tol memang praktis, terutama dalam hal berkendara. Namun menurut penelitian, tinggal di dekat jalan tol dapat berbahaya bagi kesehatan bayi.

Dr. Melissa Genereux dari Kanada menulis dalam sebuah jurnal kesehatan mengenai hasil penelitiannya terhadap 100.000 kelahiran bayi di Monteral selama periode 1997-2001. Mereka yang diteliti adalah yang bermukim di sekitar jalan tol.

Dalam penelitian terbukti, bayi-bayi yang lahir dari pemukiman berjarak 200 meter dari jalan tol memiliki risiko untuk lahir prematur sebanyak 14 persen. Mereka juga memiliki resiko 17 persen untuk lahir dalam berat di bawah standar, demikian kutip detikhot dari health24, Senin (4/8/2008).

Dari data yang ditemukan, bayi yang lahir dengan berat badan rendah pada pemukiman berjarak 200 meter dari jalan tol meningkat sebanyak 81 persen. Sedangkan yang lahir prematur mengalami kenaikan hingga 58 persen.

Lebih lanjut dijelaskan, polusi merupakan dalang dari keadaan di atas. Semakin dekat pemukiman dengan jalan tol, maka akan semakin banyak polusi dari kendaraan yang terhirup.

Pada ibu hamil, hal tersebut mempengaruhi janinnya secara langsung sehingga menganggu kesehatan janin. Misalnya infeksi pada sistem pernapasan sang jabang bayi. Jadi pilih-pilih dengan baik lokasi rumah Anda.

dari detikhot.com

No comments:

Post a Comment