Wednesday, October 29, 2008

Bulan Kehamilan Pengaruhi Kecerdasan Anak

Anda ingin memiliki anak yang jago matematika atau bahasa asing? Kalau begitu jangan melakukan pembuahan di bulan Mei - Agustus. Saran tersebut merupakan kesimpulan sebuah penelitian yang dilaporkan dalam pertemuan tahunan para dokter anak di AS.

Menurut para peneliti tersebut, bulan terjadinya pembuahan atau kehamilan berpengaruh terhadap kemampuan akademis anak saat mereka dewasa kelak. Dalam sebuah survei para peneliti melakukan tes penilaian terhadap lebih dari 1,5 juta pelajar kelas 3-10 di Indiana, AS. Ternyata, anak-anak yang dikandung pada bulan Mei-Agustus memiliki nilai yang rendah pada bidang matematika dan bahasa, dibandingkan dengan anak yang dikandung pada bulan lainnya.

Mengapa hal itu bisa terjadi? Menurut Dr.Paul Wichester dari Indiana University School of Medicine yang melakukan survei tersebut, faktor lingkungan memiliki peran besar. Wanita yang hamil di musim panas (Mei-Agustus) rentan terpapar pestisida yang banyak dipakai pada musim tersebut.

Rendahnya kemampuan akademis anak-anak dalam dua bidang tersebut dikatikan dengan tingginya kadar pestisida dan nitrat dalam air pada musim panas. "Paparan pestisida dan nitrat bisa mempengaruhi hormon kehamilan dan mengganggu pembentukan otak janin," katanya.

Itu di Amerika. Bagaimana dengan Indonesia..?

No comments:

Post a Comment