Saturday, October 11, 2008

Untuk Calon Ayah

Dukungan calon ayah, bukan hanya akan menenteramkan si calon ibu, juga akan membuat sang jabang bayi bertumbuh sehat dan optimal. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan calon ayah untuk mendukung istri yang sedang hamil.

* Pastikan istri Anda mendapatkan perawatan medis yang baik sejak awal kehamilannya. Dukung ia menepati semua jadwal kunjungannya ke dokter.

* Bantu ia mengikuti anjuran diet terbaik. Bila perlu, Anda pun melakukannya. Dengan begitu, selain istri lebih setia mengikuti diet, Anda pun mendapatkan manfaat bagi kesehatan Anda.

* Pastikan istri Anda tak mengonsumsi zat-zat yang dapat membahayakan kehamilannya, seperti alkohol, obat-obatan, dan tembakau. Anda pun sebaiknya berpantang, setidaknya saat berada di hadapannya.

* Kurangi stres fisik dan emosi istri. Tak ada salahnya Anda membantunya mengerjakan tugas-tugas rumah tangga yang biasanya ia lakukan. Dukung ia agar mau mengurangi beban kerjanya.

* Kenali tanda-tanda kemungkinan masalah pada kehamilan dan masa pascalahir. Bila istri Anda tampak mengalami tanda-tanda tersebut, segeralah bertindak. Bila perlu, hubungi dokter atau bawa dia ke rumah sakit.

* Anda mungkin memiliki ketakutan-ketakutan tertentu akan kehamilannya. Bagikan perasaan itu kepada istri. Siapa tahu ia juga punya perasaan yang sama. Dengan demikian akan meringankan beban Anda berdua, atau setidaknya membuat beban Anda lebih ringan.

* Jangan berpikir bahwa apa yang Anda lakukan terhadap istri sebagai pengorbanan. Ingatlah, pengorbanan istri jauh lebih besar demi bayi Anda.

No comments:

Post a Comment