Monday, October 27, 2008

Makanan Padat untuk Bayi

Banyak perdebatan mengenai kapan sebaiknya memberikan makanan padat sebagai pendamping ASI kepada bayi. Pemberian makanan padat pertama pada si kecil sebaiknya dilakukan pada waktu yang tepat, agar proses menyusui tidak terganggu.

Sebagian ahli menyatakan agar bayi diberikan makanan padat saat berusia 4-6 bulan, sebagian lainnya menyarankan pemberian setelah 6 bulan. Penundaan pemberian makanan padat diyakini mamu mengurangi risiko alergi.

Untuk mengurangi risiko alergi, World Health Organization (WHO), American Academy of Pediatrics (AAP) dan kelompok-kelompok lainnya menganjurkan para orang tua untuk tidak memberikan anak-anak mereka makanan padat sampai berusia sekitar 4-6 bulan. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk mengukuhkan temuan ini.

Terlepas dari hasil penelitian ini, tetap ada sejumlah alasan kuat untuk menunda pemberian makanan padat bagi bayi. Misalnya si kecil harus cukup besar untuk bisa mengunyah dan menelan makanan padat dengan baik. Dan yang paling penting, demi kesehatan dan perkembangan menyeluruh bayi, banyak ahli menyarankan sebaiknya si kecil diberi ASI eksklusif selama 6 bulan pertama.

No comments:

Post a Comment